Resep Masakan Original Klepon

12 Juli 2014

Selalu senang dapat mencar ilmu membuat, makanan tradisional Indonesia.  Klepon, jajanan pasar yg dengan gampang ditemukan di pasar tradisional di kota kelahiran, Jepara.  Barangkali makanan ini gampang ditemukan di semua kota-kota di Jawa Tengah khususnya atau pulau Jawa umumnya.






Klepon diberi pelengkap original alasannya yaitu memang resep klepon berikut benar-benar tradisional.  Pewarna hijau memakai air tumbukan daun suji.  Untuk membantu kenyal klepon diberikan air kapur sirih (apu bahasa Jawa).


Resep klepon ini berasal dari pedagang makanan keliling dari Slawi Tegal. mbak Yani namanya.  Kebetulan rumah mbak Yani bersebelahan dengan rumah ibu mertua.  Sempat ngobrol sama dia dan bertanya cara membuat, kue-kue yg mbak Yani jual. 


mbak Yani memakai pasta pandan untuk warna hijau klepon yg dijual.  Saya tidak terlalu suka dengan pewarna atau pasta-pastaan.  Ada aroma tidak natural dengan kedua bahan. tersebut. Ditambah punya pengalaman pahit memakai pewarna.  Kebetulan di halaman belakang rumah ibu ada pohon suji.  Awalnya tidak yakin betul apakah tanaman tersebut benar pohon suji.  Bertanya kebenaran identitas tanaman ke adik alm bapak, mak Pah dan ibu, gres yakin pohon tersebut yaitu pohon suji.


Pohon suji merupakan tanaman berkayu tipe perdu.  Batang kayu tanaman tidak terlalu tinggi. Daun berwarna hijau, berbentuk panjang runcing, mengulir mengelilingi batangnya.  Warna hijau dihasilkan dari tumbukan daun.  Klepon mentah dengan pewarna alami ini tidak terlalu berwarna hijau mencolok tapi sehabis direbus keluar warna hijau intensif.  Bau klepon matang lembut, tidak tajam dan ada rasa Istimewa daun suji.  Daun suji pewarna alami yg luar biasa.



Tanaman suji



Daun suji dari dekat


Original Klepon

Hasil 22 buah klepon ukuran sedang


Bahan yg diperlukan


200 g tepung ketan (menggunakan rose brand)

20 buah daun suji ukuran kecil
2 bulatan gula merah
1 ujung jempol kapur sirih 
Air panas secukupnya (menggunakan air dari termos)


1/4 buah kelapa

1 jumput garam
1 sdm gula pasir



Cara membuat,

1. Rendam kapur sirih dengan air panas.  Jika kapur keras, tumbuk halus kemudian masukkan kembali ke dalam air panas kemudian saring.

2.  Tumbuk halus daun suji, tambahkan air kapur, kemudian saring.  Masukkan air suji ke dalam tepung ketan aduk dengan tangan. 

catatan:
Berikan air suji bertahap hingga konsistensi tepung ketan pas untuk dipulung. Jika tepung ketan masih kering, tumbuk lagi daun suji, tambah air panas kemudian saring.  Masukkan tambahan. air suji ini hingga konsistensi ketan pas untuk dipulung


Tumbuk daun suji tambah dengan air kapur panas


3.  Potong dadu kecil gula merah.  Ambil campuran ketan secukupnya, masukkan gula merah di tengah kemudian bulatkan dengan telapak tangan.  Bulatkan semua adonan, tata agak jarang biar tidak lengket.
Konsistensi ketan pas untuk dipulung, tidak kering tidak basah


4.  Didihkan air dalam panci.  Masukkan klepon mentah hingga mengambang.  Angkat dan tiriskan.

5.  Cukil 1/4 buah kelapa sedang atau tidak renta tidak muda.  Buang kulit ari hingga tinggal bab putihnya saja.  Parut kelapa kemudian tambah sejumput garam dan 1 sdm gula pasir.  Gulingkan klepon matang ke dalam kelapa parut.  Klepon siap disajikan.



Warna hijau intansif klepon matang dengan anyir dan rasa spesial


Selalu besar hati dan suka dengan jajanan pasar tradisional Indonesia


***

Artikel Terkait

Resep Masakan Original Klepon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email