Resep Kuliner Tanaman Garut Atau Paerut

13 Juli 2013

Tanaman garut atau orang Jepara menyebutnya paerut.   Merupakan tumbuhan berimpang dengan nama spesies Maranta arundinacea.  Menurut Wikipedia Indonesia, tumbuhan ini ditanaman di pekarangan rumah sbg tumbuhan alternatif ketika paceklik.  Tanaman garut ini ada di halaman belakang rumah ibu, hanya ada beberapa batang.  Barangkali tumbuhan garut ini ditanaman eyg-eyg buyut dulu.  


Saat kecil, ketika halaman masih luas belum dibangun rumah, tumbuhan garut ini banyak tumbuh.  Paerut tumbuh sendiri ketika animo hujan mulai datang.  Daun paerut menghijau dan hasilnya akan layu kecoklatan.  Daun kecoklatan menunjukan rimpang garut sanggup dipanen.  Rimpang paerut direbus lalu dimakan begitu saja atau dimakan dengan kelapa muda.  Tidak semua rimpang garut diambil, banyak diantaranya masih tersimpan dalam tanah.  Rimpang ini akan tumbuh kembali ketika animo penghujan tiba tahun berikutnya.  Begitu seterusnya sampai ketika ini...



Tanaman Garut atau Paerut



Tanaman yg mulai langka alasannya yaitu tidak banyak yg membudidayakan.  Dari segi kemanfaatan, tumbuhan ini sangat berguna.  Salah satunya, pati garut digunakan sbg bahan. membuat, kuliner ringan anggun tradisional yg di Jepara dikenal dengan sebutan Larut.  Keterbatasan tepung garut dipasaran, kini kuliner ringan anggun Larut memakai tepung sagu sbg gantinya.




Kue Larut


Menurut wiki Indonesia, tepung dari rimpang garut bermanfaat sbg kuliner orang dengan problem pencernaan, sbg bahan. pengenyal makanan, bahan. dasar bedak, lem dan sabun.  Bubur rimpang garut juga digunakan oleh pabrik kertas dan karton.


Tanaman yg menarik untuk dibudidayakan secara komersial.  Mencari pasar yg membutuhkan tepung atau bubur garut gres ditanaman dalam skala besar.  Ah ini sih hanya berteori saja.  


Jika boleh berandai-andai, punya rumah dengan halaman luas, tumbuhan paerut ini akan jadi salah satu penghuninya...


***

Artikel Terkait

Resep Kuliner Tanaman Garut Atau Paerut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email