Resep Masakan Kuliner Dan Penyebaran Islam Di Pulau Jawa

15 Juli 2014

Judul yg berat.  Tidak akan membahas rinci penyebaran Islam di pulau Jawa alasannya yaitu memang tidak punya ilmu dan pengetahuan.  Hanya tahu bahwa Islam di pulau Jawa disebarkan oleh para Wali.  Ada 9 orang wali makanya disebut wali songo.  Penduduk pulau Jawa kala itu masih beragama Hindu atau Budha.  Wali tidak membuatkan Islam dengan paksaan tapi dengan sayalturasi atau penyatuan budaya.  Kebudayaan Hindu-Budha masih dilsayakan dalam acara-acara tertentu contohnya khitan anak, tapi dipadukan doa memohon keselatan kepada Allah SWT.


Cara halus dan penyatuan budaya ternyata efektif untuk mengubah doktrin masyarakat Jawa menjadi Islam.  Tidak ada paksaan, kekerasan bahkan pembunuhan atas dasar penyebaran agama.  Wali songo ini sangat dihormati masyarakat Jawa.  Sering rombongan pengajian mengadakan ziarah ke makam-makan wali.  Perjalanan ziarah makam memakai bus mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.




Gambar walisongo yg banyak tergantung di dinding rumah penduduk Jawa 


Waktu terus berlalu, jaman terus berganti.  Tradisi kejawen yg tidak dihentikan wali masih terus dilsayakan sampai ketika ini.  Inti dari semua yaitu memohon keberkahan dan keselamatan kepada Allah SWT Sang Pencipta.


Tradisi kejawen tersebut contohnya ketika anak khitan atau di sunat.  Sebelum berangkat ke mantri sunat, anak dibuatkan bubur merah, bubur putih, dan bancakan.  Bancakan terdiri dari nasi putih dengan  urap sayur dan lauk-pauk. Beberapa saudara akrab diundang untuk membaca doa bersama. Doa dimaksudkan untuk keselamatan sang anak ketika di sunat.  Setelah tanggapan membaca doa, nasi bancakan dan bubur dimakan bersama dalam satu nampan.


Setelah anak di sunat, program selanjutnya mengundang tetangga dan saudara untuk kembali membaca doa sbg ucapan syukur.  Orang-orang yg diundang kemudian diberi bingkisan "berkat".  "Berkat" yaitu nasi dan lauk-pauknya yg dibungkus dalam kardus.  Jaman dahulu, nasi berkat ini dibungkus anyaman bambu berbentuk kotak.  Bambu sudah jarang ditemukan.  Berkat jaman kini dibungkus kardus.



bubur merah dan bubur putih


Bubur putih yaitu nasi yg dimasak dengan santan dan sedikit garam.  Setelah bubur putih diambil dalam daun, sisa nasi kemudian diberi gula merah.  Bubur merah kemudian diletakkan dalam daun.




Nasi bancakan terdiri dari nasi putih, urap dan lauk-pauk



Membaca doa sebelum anak di khitan/sunat



Pakaian muslimah Jawa: kain jarik, baju kebaya dan kerudung



Selamatan sbg rasa syukur anak sudah dikhitan



Berkat atau nasi dan lauk-pauk untuk orang yg tiba ke program selametan

Indonesia kaya akan budaya dan tradisi.  Menuliskan tradisi yg dilihat ketika berada di pulau Jawa.  Semoga nanti terpacu untuk menuliskan tradisi masyarakat Sumatera Utara dan Batak.


***

Artikel Terkait

Resep Masakan Kuliner Dan Penyebaran Islam Di Pulau Jawa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email