Resep Kuliner Buah Sukun Goreng

15 Juli 2014

Buah sukun, buah yg sering ditanaman di pekarangan rumah.  Buah sukun termasuk bahan. masakan sumber karbohidrat.  Biasanya buah sukun di goreng atau dikukus.  Buah yg menyerupai dengan buah nangka ternyata memiliki rasa menyerupai ubi jalar.


Yang harus diperhatikan ketika membuat, sukun goreng.  Kulit sukun cukup dikupas tipis saja.  Potong buah sukun tipis-tipis.  Sukun agak berasa manis, sehingga gampang gosong ketika digoreng.  Dengan memotong tipis, menimbulkan sukun gampang matang dan tidak gosong.


Buah sukun



Buah Sukun Goreng



Bahan yg diperlukan



1/2 buah sukun

200 g tepung terigu
3 sdt ketumbar 
1 cm kunyit
5 siung bawang putih
Garam secukupnya

Minyak untuk menggoreng secukupnya


Cara membuat,

1. Kupas buah sukun kemudian basuh bersih.  Belah sukun kemudian potong tipis-tipis.

2.  Haluskan bumbu: garam, ketumbar, kunyit dan bawang putih.  Masukkan bumbu halus ke dalam tepung terigu, tambah air secukupnya.

3.  Masukkan buah sukun dalam campuran tepung kemudian goreng dengan api sedang sampai matang dan kecoklatan.


#

Menggoreng sukun dengan cara tradisional.  Sukun di goreng dalam tungku kayu (pawon bahasa Jawa) .  Mukan hal gampang memasak di tungku.  Baru menyalakan kayu untuk bahan. bakar saja sudah suatu perjuangan.  Tapi bagi yg sudah biasa, memasak dengan tunggu kayu hal yg gampang saja.


Ada aneka macam model  pawon.  Seperti pawon berikut banyak dijumpai di kawasan Jepara. Batu bata ditata sedemikian rupa dan diikat semoga tidak runtuh dengan tanah liat.  Satu pawon biasanya terdiri dari 2 sampai 3 lubang untuk memasak.  Wadah berisi masakan yg akan dimasak diletakkan di lubang.  Kayu bakar diganjal dengan sabut kelapa kering.  Kayu disulut dengan api dari daun kelapa kering yg dibakar.  Tunggu api menyala dengan stabil, kemudian dilsayakan aktivitas memasak menyerupai biasa.


Menyulut kayu bakar dengan daun kelapa kering yg dibakar


Menggoreng buah sukun



sukun goreng


Bagian dalam buah sukun


***

Artikel Terkait

Resep Kuliner Buah Sukun Goreng
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email